Sudarsono Ajak Pengusaha Kembangkan Batik Seruyan

sudarsono-ajak-pengusaha-kembangkan-batik-seruyanKUALA PEMBUANG – Bupati Seruyan H Sudarsono SH berharap ada pengusaha yang melirik batik Seruyan untuk mengembangkan produksinya. Batik Seruyan yang memiliki motif ciri khas ikan pipih ini diharapkan bisa lebih dikenal luas dan dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan.

“Saat ini kita masih terkendala anggaran untuk bisa memproduksi  kain batik Seruyan secara keseluruhan. Untuk motif dan desain sebetulnya sudah banyak. Namun baru dapat diproduksi secara bertahap. Kita berharap ada pengusaha yang meliriknya,” ungkapnya, pekan lalu.

Menurut Sudarsono, saat ini tidak semua motif batik Seruyan yang telah ada bisa diproduksi di pabrik pembuatan kain batik disebabkan terkendala anggaran.

Untuk mencetak atau memproduksi satu motif batik, memerlukan biaya hingga ratusan juta rupiah. Sehingga saat ini ada beberapa desain batik Seruyan yang hingga kini belum bisa diproduksi kain batiknya.

Dijelaskannya, motif batik Seruyan memang ciri khasnya Ikan pipih. Sebab diinginkan ketika orang melihat  batik tersebut,  maka orang sudah tahu bahwa itu batik asli Seruyan.

“Mudah mudahan keberadaan batik Seruyan ini terus bisa kita kembangkan agar lebih dikenal lagi,” ujarnya.

Saat ini keberadaan batik khas Kabupaten Seruyan cukup diminati. Bahkan untuk lebih mengenalkan keberadaan batik khas daerah Seruyan ini, pada setiap  kegiatan selalu dipamerkan berbagai motif batik  yang dominan dengan gambar ikan pipih dan kini telah menjadi ikon daerah Seruyan tersebut.

sumber: http://kalteng.prokal.co/read/news/33258-sudarsono-ajak-pengusaha-kembangkan-batik-seruyan.html