Petani Seruyan Didorong Kembangkan Bawang Merah

sejumlah-pengunjung-melihat-pertanian-bawang-merah-saat-kegiatan-hari-_161028144152-877

KUALA PEMBUANG — Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah mendorong para petani mengembangkan tanaman bawang merah sebagai upaya untuk meningkatkan sumber pendapatan bagi petani di wilayah tersebut. “Kita mendorong petani mengembangkan tanaman bawang merah sehingga produksi dari tanaman tersebut bisa menjadi sumber pendapatan keluarga para petani,” kata Sudarsono, belum lama ini.

Ia mengatakan, berdasarkan perhitungan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP), bawang merah merupakan tanaman yang berpeluang untuk meningkatkan penghasilan petani. Dengan modal Rp 75 juta per hektare, selama dua bulan tanaman bawang merah mampu memberikan pendapatan mencapai Rp 300 juta.

“Karena mampu memberikan pendapatan yang sangat tinggi, maka petani di beberapa daerah di Kalteng sudah ada yang fokus atau beralih hanya untuk menanam tanaman bawang,” katanya.

Selain itu, permintaan pasar untuk bawang merah relatif tinggi, sedangkan kebutuhan bawang merah untuk Kalteng khususnya Seruyan masih dipasok dari Pulau Jawa. “Tinggi permintaan pasar ini merupakan peluang yang mestinya harus dimanfaatkan oleh masyarakat atau petani,” katanya.

Ia menambahkan, dikembangkannya tanaman bawang merah merupakan salah satu upaya untuk memanfaatkan lahan yang selama ini banyak tidak digunakan oleh masyarakat.
“Menanam bawang merah juga menjadi solusi bagi para petani di Seruyan untuk memanfaatkan lahan tidak terpakai saat musim kemarau, sebab budidaya bawang merah tidak menggunakan air banyak dibandingkan tanaman padi,” katanya.

Ia menegaskan, untuk mendorong pengembangan tanaman bawang, Pemerintah Kabupaten Seruyan akan selalu berupaya untuk mendampingi dan membantu memenuhi kebutuhan para petani dalam mengembangkan tanaman bawang. “Pemerintah akan terus berupaya membantu memenuhi apa yang diperlukan agar masyarakat khususnya petani bisa memanfaatkan lahan untuk membawa kesejahteraan bagi kita semua,” katanya.

sumber: http://www.republika.co.id/berita/nasional/intan/16/11/02/ofzym9368-petani-seruyan-didorong-kembangkan-bawang-merah